Hambatan Kapal Katamaran

Darcnaval |Hambatan kapal katamaran diasumsikan sebagai penjumlahan dari beberapa komponen yang saling tidak bergantung (independent) agar mudah memecahkan masalah hambatan kapal dan pengaruh jarak antara lambung (hull separation).
Metode yang digunakan pada pengujian lambung kapal yang konvensional yaitu dengan membagi hambatan pada beberapa komponen yang didasarkan pada pengukuran total hambatan dari pengujian model dengan mengestimasi hambatan gesek (friction) dari formula empiris, atau pengukuran lansung dari komponen-komponen. Kedua metode tersebut untuk mengidentifikasi komponen-komponen dan asumsi-asumsi  yang terkait.
Secara skematik, pembagian komponen hambatan diperlihatkan pada skematik diagram dibawah ini.
           

Gambar 2.1 Diagram Komponen Hambatan Kapal
                              
Pada bagian ini diuraikan komponen koefisien interaksi hambatan pada demihull (catamaran) adalah sebagai berikut:
                                                                          
                                               

   dimana:
Æ              Faktor interferensi hambatan bentuk (form), yang diakibatkan oleh perubahan tekanan yang terjadi antara dua lambung.
σ        Factor interferensi hambatan gesek (friction), yang diakibatkan oleh terjadinya penambahan kecepatan aliran diantara dua lambung.
t        Faktor interferensi hambatan gelombang (wave), yang diakibatkan oleh pertemuan dua moda gelombang (dari haluan) diantara kedua lambung.
Diketahui bahwa faktor interensi Ø dan σ sangat rumit dan kompleks dalam pemecahannya, maka Insel dan Molland (1991) memperkenalkan faktor b untuk mengkombinasikan faktor interensi Ø dan σ kedalam interferensi hambatan viskos untuk tujuan praktis, sehinga menjadi:


    (2.5)


Formulasi tersebut diatas telah diaplikasikan secara luas dalam perhitungan hambatan pada kapal katamaran hingga saat ini, termasuk dalam aplikasi software program ‘Hullspeed-Maxsurf’, ‘NavCad’  dan lainnya.


Referensi : Tugas Akhir Gudel Refis 

Comments

Popular posts from this blog

UPDATE MAXSURF EDITION 2022 GRATIS